Let's make a happy things!

IQ Wanita Lebih Tinggi daripada IQ Pria – Mana yang lebih pintar, pria atau wanita? Topik ini selalu menjadi perdebatan yang cukup menarik di kalangan peneliti. Fakta terbaru menunjukkan bahwa wanita memiliki IQ yang lebih tinggi daripada pria.

Flynn mengambil sampel data dari negara-negara di daratan Eropa, Amerika, Selandia baru, Kanada, Argentina, dan Estionia. Ini merupakan pertama kalinya IQ wanita memiliki skor yang lebih tinggi daripada pria. Tentu saja tidak semua penelitian menunjukkan fakta demikian. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa pria memiliki tingkat intelegensia yang lebih tinggi daripada wanita. Sebenarnya selama bertahun-tahun, penelitian menunjukkan bahwa antara pria dan wanita sama-sama menunjukkan peningkatan dalam hal kemampuan berpikir. Namun penelitian tentang IQ wanita menunjukkan angka yang sangat fantastis, lebih cepat daripada perkembangan IQ pria.

IQ wanita dan IQ pria

Perkembangan IQ Wanita

Tes IQ telah dikembangkan sejak permulaan abad ke 20. Tes biasanya mengambil sampe secara umum, memperhitungkan kemampuan linguistik, matematis, ingatan, dan  kemampuan dasar lainnya. Dari dulu, dalam uji coba IQ wanita selalu di belakang IQ pria, walaupun nilainya tidak terpaut jauh, yaitu hanya sekitar 5%. Lalu mengapa sekarang IQ wanita bisa lebih tinggi daripada pria? Flynn mengatakan  bahwa IQ wanita dilatih dengan kebiasaan hidup mereka. Seperti contohnya kebiasaan untuk mengurus pekerjaan berat di rumah disebut-sebut sangat membantu dalam meningkatkan IQ mereka. Flynn merupakan professor psikologi dan filosofi di Universitas Otago, di Selandia baru. Flynn belum mempublikasikan hasil peneliatannya, ia berencana untuk mengeluarkan buku berjudul “Are We Getting Smarter?”. Data yang dikumpulkannya berasal dari Raven’s Progressive Matrices. Sedangkan sampel uji coba adalah orang-orang yang memiliki umur antara 10 – 30 tahun.

IQ atau intelligence quotient merupakan cara yang paling umum dipergunakan untuk mengukur tingkat IQ wanita dan pria. Tingkat kemampuan seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan serta faktor keturunan. Satu teori yang dikemukakan oleh Flynn tentang penyebab IQ wanita menjadi lebih tinggi adalah karena adanya diskriminasi gender. Di beberapa budaya, peran  wanita memang lebih sedikit dibandingkan pria. Ini menyebabkan wanita sering tidak sadar tentang kemampuan mereka, dan secara tidak langsung mempengaruhi IQ wanita tersebut.

Saat ini kita melihat sendiri bagaimana wanita-wanita berkembang menjadi lebih mandiri. Anda mungkin sudah tidak asing lagi melihat wanita yang mengambil alih pekerjaan pria. Masyarakat kini lebih reseptif terhadap keberadaan wanita, itulah sebabnya  IQ wanita saat ini jauh lebih berkembang dari tahun-tahun sebelumnya. Lalu mengapa orang menjadi lebih reseptif dan tidak lagi mempermasalahkan gender? Tidak lain karena terjadinya modernitas. Perkembangan teknologi saat ini memacu pria maupun wanita untuk memanfaatkan potensi terbaik mereka. Perkembangan ini mau tidak mau membuat kaum wanita berpikir lebih keras lagi, ini membuat IQ wanita menjadi sangat terasah. Seiring dengan perkembangan IQ wanita yang melesat cepat, saat ini di beberapa universitas lebih banyak wanita diterima daripada pria.

Credit:

Dailymail.co.uk

Yahoo! News

csmonitor.com

newsfeed.time.com

http://jasionline.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: